Sejarah komputer dan Pra sejarah

Aku mau cerita sejarah komputer.

Bagi anak TI pasti kenyang baca ginian, ini versi aku lho bukan versi textbook jadi jangan jadikan sebagai bahan ujian.


# Jaman Fosil pra sejarah
percaya gak, jaman pra sejarah udah ada komputer ???
iya ada komputer disana di Babilonia sekarang namanya Irak, kemungkinan besar di cina juga ada, nama nya Abacus atau sempoa, gak tau deh kalo orang amrik ngebakar itu komputer bersejarah. Btw aku gak tau cara pakeai abacus atau sempoa itu, tanya orang cina deh, atau anak TK yang belajar sempoa...:))
Jadi fosil gak juga...coba jalan-jalan ke glodok sana, orang cina masih pake sempoa antik nya dari pada pake kalkulator atau komputer cash register.

Blaise Pascal pernah bikin kalkulator mekanik... mekanik gimana mencet ya ? tapi cukuplah buat ngituh tambah dan kurang, jangan coba coba ngitung kalkulus dengan kalkulator ini, bakalan cape mencet nya :)
Charles Babbage juga membuat mekanik komputer, belum bisa dibilang komputer sih karena masih pake mekanik semua.


# Jaman komputer kecil (mini computer) 1970-1980
Jaman ini dimulai dengan komponen yang kecil memakai IC, makan listrik nya lebih kecil, dan ukuran nya gak gede gede banget...tapi tetap aja gede, minimal ukuran lemari pakaian. OS nya kebanyakan udah pake UNIX tapi tetep aja susah bikin program nya btw belum ada monitor yang asik di pelototin di sini :((
Cara kerjanya mirip dengan jurangan-jongos, ada satu juragan yang tajir banget dan banyak sekali jongos yang kerja di situ...Ya kayak jaman penjajahan dulu lho...juragan nya namanya mainframe, jongos nya namanya dumb terminal... dumb kan bodoh jadi Kayak orang belanda kan "Goblok Koe"...walaupun kerjaan elo udah bener

Tahun 1970 OS UNIX dibuat oleh Bell lab, sekarang AT&T tapi dipakai oleh komputer komputer gede gajah aja, belum UNIX buat pc tahun 70an, Iseng juga sih orang telkom bikin OS komputer.
Btw aku masih kecil dan belum tau ada binatang yang nama nya komputer. jadi belum mainan komputer...paling sepeda butut...
Embrio PC mulai lahir di sini di tandai dengan kit altair 8800 pake prosessor 8080, yang di pake ngoprek sama bill gates & paul alen.
Embrio DOS untuk pc adalah CP/M dikembangkan oleh digital research, nama awal dari DOS adalah QDOS (Quick and Dirty Operating System), wah gimana sih udah kecil jorok lagi... dan DOS bertahan sebagai OS sampai jaman Windows 95.


# Jaman komputer Dinosaurus sebelum 1970
Jaman dahulu kala sebelum para komputer pc lahir, hidup dinosaurus komputer sebesar gudang, makanan nya listrik ribuan watt, jalan nya lelet kayak truk keberatan badan. Komponen nya pake Tabung elektron sebelum th 1950, th sudah 1960an pake transistor tapi tetap aja body nya segede gudang.
Dan yang lebih sedih lagi orang yang naekin (pake) komputer harus orang terlatih, enggak sembarangan orang bisa pake komputer. Perusahaan super tajir, pemerintahan dan universitas aja yang bisa piara itu dinosaurus komputer. yang lebih menyedihkan lagi orang yang pake dino yang satu belum tentu bisa pake dino yang laen, masing masing punya cara nya sendiri.

Cara pake nya hmmm kayak nya kamu harus ngantri deh, misal nya punya itung itungan program kamu harus ngantri dulu bikin SIM card eh punch card, trus masukin ke mesin...setelah dimakan baru keluar deh tai nya eh...sory hasil nya, kalo salah ya ulang dari awal, kan belum ada SIM isi ulang di sini...jadi harus beli baru lagi, bokek dah aku

Yang termasuk fosil fosil dino ini adalah
ENIAC, UNIVAC sory gak apal gue belon lahir sih...


# Jaman mikro komputer 1980-1990
Nah jaman ini muncul dan PC (personal komputer), sebenarnya komputer pc pertama adalah apple bukan ibm pc, dibuat oleh steve jobs & Steve Wozniak. Kemudian Bill gates & Paul Allen membuat program basic untuk komputer 8080.

Komputer ber GUI pertama bukan lah apple atau windows, tapi xerox alto workstation produksi dari xerox. Inilah komputer pertama pake mouse.
Periode ini IBM-PC + DOS merajai komputer kelas jangkrik (karena kalo lagi dipake bunyi hardisk & disket nya krik...krik...krik...), dilain pihak Apple mulai menjual PC dengan grafik yang ciamik dengan nama Apple MacIntosh. MS Windows sebenarnya sudah lahir tapi masih di anak tirikan karena ya itu anak tiri...disuruh kerja berat aja udah ngos ngosan...baru Windows 3.1 bisa dibisa disuruh kerja berat.

Penyakit virus, trojan mulai berkembang biak di DOS...melalui perantara disket...gak tau deh yang laen soalnya internet kan belum beredar di kalangan murmer...
UNIX dipakai oleh komputer komputer kelas berat, karena body nya yang gede, masih turunan dino sih, harga nya amit-amit mahal banget, tujuh turunan gak kebeli dah komputer UNIX. Belon ada OS UNIX yang gratis di sini, OS UNIX yang populer disini adalah SunOS, SCO, AIX, dan HP-UX. Eh sory Sebenar nya universitas Berkeley punya software UNIX BSD yang menjadi basis dari UNIX komersial tadi.

Software opensource sebenar nya mulai di pelopori oleh si gondrong Richard Stallman, dengan proyek GNU nya jauh sebelum Linus Torvald bikin linux. Tapi sayang nya software nya gak populer sebelum linux lahir.
Jaringan Internet belum berkembang di sini, baru mulai dipakai oleh orang orang elit aja di amrik sana...kita wah masih jaman kegelapan (jahiliah) tanpa internet.

Model OSI

*Model OSI

Apa yang dimaksud dengan model-OSI?
Dahulu, komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah sangat sulit dilakukan, karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Sehingga International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.

Model-OSI tersebut terbagi atas 7 layer, dan layer kedua juga memiliki sejumlah sub-layer (dibagi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) yang mana tidak saya diskusikan dalam tutorial ini.

Layer-layer tersebut disusun sedemikian sehingga perubahan pada satu layer tidak membutuhkan perubahan pada layer lain. Layer teratas (5, 6 and 7) adalah lebih cerdas dibandingkan dengan layer yang lebih rendah; Layer Application dapat menangani protocol dan format data yang sama yang digunakan oleh layer lain, dan seterusnya. Jadi terdapat perbedaan yang besar antara layer Physical dan layer Aplication.
Mungkin kurang jelas, tetapi anda akan memahaminya setalah anda membaca seluruh tulisan ini. Suatu permintaan, dihasilkan dari atas (contohnya Layer application) diteruskan ke enam layer dibawahnya. Mungkin anda akan berpikir "Mengapa dibedakan atas beberapa layer?" Baiklah, jawabannya cukup sederhana: Setiap layer memiliki tugasnya masing-masing, mari kita lihat layer physical terlebih dahulu.

* Layer Physical (1)
Ini adalah layer yang paling sederhana; berkaitan dengan electrical (dan optical) koneksi antar peralatan. Data biner dikodekan dalam bentuk yang dapat ditransmisi melalui media jaringan, sebagai contoh kabel, transceiver dan konektor yang berkaitan dengan layer Physical. Peralatan seperti repeater, hub dan network card adalah berada pada layer ini.

* Layer Data-link (2)
Layer ini sedikit lebih "cerdas" dibandingkan dengan layer physical, karena menyediakan transfer data yang lebih nyata. Sebagai penghubung antara media network dan layer protocol yang lebih high-level, layer data link bertanggung-jawab pada paket akhir dari data binari yang berasal dari level yang lebih tinggi ke paket diskrit sebelum ke layer physical. Akan mengirimkan frame (blok dari data) melalui suatu network.. Ethernet (802.2 & 802.3), Tokenbus (802.4) dan Tokenring (802.5) adalah protocol pada layer Data-link.

* Layer Network (3)
Tugas utama dari layer network adalah menyediakan fungsi routing sehingga paket dapat dikirim keluar dari segment network lokal ke suatu tujuan yang berada pada suatu network lain. IP, Internet Protocol, umumnya digunakan untuk tugas ini. Protocol lainnya seperti IPX, Internet Packet eXchange. Perusahaan Novell telah memprogram protokol menjadi beberapa, seperti SPX (Sequence Packet Exchange) & NCP (Netware Core Protocol). Protokol ini telah dimasukkan ke sistem operasi Netware. Beberaoa fungsi yang mungkin dilakukan oleh Layer Network

  • Membagi aliran data biner ke paket diskrit dengan panjang tertentu
  • Mendeteksi Error
  • Memperbaiki error dengan mengirim ulang paket yang rusak
  • Mengendalikan aliran

* Layer Transport (4)
Layer transport data, menggunakan protocol seperti UDP, TCP dan/atau SPX (Sequence Packet eXchange, yang satu ini digunakan oleh NetWare, tetapi khusus untuk koneksi berorientasi IPX). Layer transport adalah pusat dari mode-OSI. Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya.

* Layer Session (5)
Layer Session, sesuai dengan namanya, sering disalah artikan sebagai prosedur logon pada network dan berkaitan dengan keamanan. Layer ini menyediakan layanan ke dua layer diatasnya, Melakukan koordinasi komunikasi antara entiti layer yang diwakilinya. Beberapa protocol pada layer ini: NETBIOS: suatu session interface dan protocol, dikembangkan oleh IBM, yang menyediakan layanan ke layer presentation dan layer application. NETBEUI, (NETBIOS Extended User Interface), suatu pengembangan dari NETBIOS yang digunakan pada produk Microsoft networking, seperti Windows NT dan LAN Manager. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol). PAP (Printer Access Protocol), yang terdapat pada printer Postscript untuk akses pada jaringan AppleTalk.

* The Presentation layer (6)
Layer presentation dari model OSI melakukan hanya suatu fungsi tunggal: translasi dari berbagai tipe pada syntax sistem. Sebagai contoh, suatu koneksi antara PC dan mainframe membutuhkan konversi dari EBCDIC character-encoding format ke ASCII dan banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Kompresi data (dan enkripsi yang mungkin) ditangani oleh layer ini.

* Layer Application (7)
Layer ini adalah yang paling ‘cerdas’, gateway berada pada layer ini. Gateway melakukan pekerjaan yang sama seperti sebuah router, tetapi ada perbedaan diantara mereka (baca bagian berikutnya untuk informasi yang lebih jelas tentang kedua hal tersebut). Layer Application adalah penghubung utama antara aplikasi yang berjalan pada satu komputer dan resources network yang membutuhkan akses padanya. Layer Application adalah layer dimana user akan beroperasi padanya, protocol seperti FTP, telnet, SMTP, HTTP, POP3 berada pada layer Application.

* Routers and Gateways
Perbedaan antara router dan gateway mudah dipahami ketika anda mengerti tentang model-OSI, dan anda telah mengetahuinya setelah anda membaca tulisan diatas... :) Baiklah, sebagaimana gateway berada pada layer Application, sedangkan suatu router aktif pada layer Network dan Transport. Hal ini berarti suatu router lebih cepat dari pada gateway , karena protocol pada gateway harus melalui Layer Session, Presentation dan Application untuk di route.


* Kode ASCII
Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal.
Kode ASCII selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks.
Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit.
Dimulai dari 00000000 hingga 11111111.
Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.
Contoh : Tekan dan tahan tombol ALT pada keyboard lalu tekan angka 1 pada Numpad keyboard, setelah itu lepaskan tombol ALT. Kombinasi ini akan menghasilkan karakter ☺ .
Berikut adalah kumpulan kode ascii yang dapat anda gunakan dengan cara melakukan kombinasi pada tombol keyboard anda.

1. alt + 1 = ☺
2. alt + 2 = ☻
3. alt + 3 = ♥
4. alt + 4 = ♦
5. alt + 5 = ♣
6. alt + 6 = ♠
7. alt + 7 = •
8. alt + 8 = ◘
9. alt + 9 = ○
10. alt + 10 = ◙
11. alt + 11 = ♂
12. alt + 12 = ♀
13. alt + 13 = ♪
14. alt + 14 = ♫
15. alt + 15 = ☼
16. alt + 16 = ►
17. alt + 17 = ◄
18. alt + 18 = ↕
19. alt + 19 = ‼
20. alt + 20 = ¶
21. alt + 21 = §
22. alt + 22 = ▬
23. alt + 23 = ↨
24. alt + 24 = ↑
25. alt + 25 = ↓
26. alt + 26 = →
27. alt + 27 = ←
28. alt + 28 = ∟
29. alt + 29 = ↔
30. alt + 30 = ▲
31. alt + 31 = ▼
32. alt + 32 = “space”
33. alt + 33 = !
34. alt + 34 = “
35. alt + 35 = #
36. alt + 36 = $
37. alt + 37 = %
38. alt + 38 = &

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika