Border Gateway Protocol (BGP)

Border gateway protocol adalah inti dari protocol routing internet. protocol ini yang menjadi backbone dari jaringan internet dunia. Bgp adalah protocol routing inti dari internet yang digunakan untuk melakukan pertukaran informasi routing antar jaringan. Bgp dijelaskan dalam RFC 421 RFC 4276 menjelaskan implementasi report pada Bgp- 4, RFC 4277 menjelaskan hasil ujicoba penggunaan Bgp- 4. iya bekerja dengan cara memetakkan sebuah tabel IP network yang menunjukkan kejaringan yang dapat dicapai antar autonomous system. Bgp tidak menggunakan metrik Igp(Interior Gateway Protocol)tradisional, tapi membuat routing decision berdasarkan path, network policies, dan atau ruleset. Bgp- 4 masih digunakan hingga saat ini. Bgp mendukung class inter-domain routing dan menggunakan route aggregation untuk mengurangi ukuran tabel routing. sejak tahun 1994 Bgp- 4 telah digunakan internet. semua versi dibawahnya sudah tidak digunakan.
Bgp diciptakan untuk mengganti protocol routing Egp yang mengijinkan routing secara tersebar hingga tidak harus mengacu pada suatu jaringan backbone saja.
Bgp merupakan salah satu jenis routing protocol yang digunakan untuk koneksi antar Autonomous system, dan salah satu jenis routing protocol yang banyak digunakan di Isp besar(Telkomsel)ataupun perbankan.
Routing Bgp berfungsi untuk mengkoneksikan antara network-network address yang berbeda Autonomous systemnya sehingga dapat di hubungkan kedalam routing Bgp. dalam hal ini routing Ibgp yang akan menghandle routing-routing pada suatu Autonomous system.

Cara Kerja Router Menjalankan Routing Protocol BGP
Routing protocol Bgp baru dapat dikatakan pada sebuah router jika sudah terbentuk sesi komunikasi dengan router tetangganya yang juga menjalankan Bgp. sesi komunikasi ini adalah berupa komukasi dengan protocol Tcp dengan nomor port 179.

0 Response to "Border Gateway Protocol (BGP)"

Posting Komentar

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika