Telkom Meluncurkan Aplikasi I-Chat

PT Telkom meluncurkan i-CHAT (I Can Hear And Talk). Aplikasi dan portal buatan Research and Development Center (RDC) Telkom ini diharapkan bisa membantu para tunarungu untuk belajar bahasa sendiri.

"Ini merupakan aplikasi dan portal pembelajaran bahasa bagi tunarungu dengan teknologi digital. Mereka bisa belajar, khususnya bahasa dengan metode self learning. Jadi tidak perlu menunggu guru," papar Indra Utoyo, Direktur IT dan Supply PT Telkom Indonesia Tbk saat meluncurkan aplikasi ini di Menara RDC Telkom, Jalan Geger Kalong.

Dalam aplikasi ini, selain dilengkapi audio dan video tentang pembelajaran bahasa, juga ada teksnya. Caranya pun cukup mudah, cukup dengan menuliskan kata yang ingin diucapkan saja.

Lebih lanjut Indra mengatakan bahwa latar belakang pihaknya mengembangkan aplikasi dan portal ini diawali saat Telkom ikut dalam kegiatan Asia Pacific Telecommunity (APT) pada tahun 2007. Bekerja sama dengan UPI Bandung dan SLB Cicendo, lahirlah aplikasi untuk pembelajaran bahasa dan komunikasi bagi tuna rungu.

"Awalnya hanya untuk penyusunan kalimat berstruktur. Lalu dikembangkan dengan menambahkan beberapa modul. Di antaranya modul kamus," katanya.

Di tempat yang sama, Senior General Manager RDC Telkom Mustapa Wangsaatmadja menjelaskan bahwa dalam versi pertamanya, aplikasi yang bisa didownload gratis di www.i-chat.web.id ini baru memiliki 1.500 kata utama.

"Versi pertama paling tidak ada sekitar 1.500 kata-kata utama. Nanti tunggu feedback dari masyarakat, termasuk untuk online library.

Proses pembuatan aplikasi ini, sambungnya, tidak terlalu lama. Di tahap awal tim RDC memerlukan waktu 3 bulan untuk proses pembuatan. Serta 3 bulan lagi untuk penyusunan 5 modul utama yakni modul kamus, modul isyarat abjad jari, modul isyarat bilangan, modul tematik dan modul penyusunan kalimat.

"Tahun ini kita kerjasama dengan Federasi Nasional untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (FNKTRI) untuk pengembangannya. Dan yang pasti kita akan menampung semua masukan dari masyarakat," jelasnya.

Aplikasi dan portal yang semuanya dibiayai dari program Corporate Social Responsibility (CSR) ini nantinya akan dikembangkan. Mulai dari modul pembelajarannya yang akan ditambahkan dengan game, animasi, video ataupun jurnal atau artikel yang terkait dengan pendidikan dan metode pembelajaran bagi anak tuna rungu.

"Keseluruhan materi pembelajaran ini akan dikemas dalam bentuk-bentuk modul dengan konsep e-learning," tukas Mustapa.


Sumber dari:
detikINET

0 Response to "Telkom Meluncurkan Aplikasi I-Chat"

Posting Komentar

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika