Google Goggles Siapkan Penerjemah Bahasa Arab

Saat bepergian ke negara lain, kadang kita menjumpai tulisan-tulisan asing yang tidak dimengerti. Tak usah bingung, keluarkan saja ponsel Android, foto tulisan tersebut dan keluarlah hasil terjemahannya. Bagaimana bisa?

Tentu saja bisa. Bagi yang belum kenal, ada aplikasi bernama Google Goggles yang berjalan di Android dan hadir sebagai penerjemah dari hasil foto sebuah tulisan asing.

Jadi, jika pengguna menemukan teks berbahasa asing, ia tinggal membidikkan kamera ponsel ke teks tersebut. Hanya dalam hitungan detik, aplikasi tersebut akan menerjemahkannya via hasil jepretan tadi.

Tentu jangan berharap semua bahasa asing bisa diartikan aplikasi ini. Jika kosakata yang dicari tidak ada dalam database Googles, maka tak bisa diterjemahkan.

Sebenarnya aplikasi ini telah diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2010 lalu di Barcelona. Sayang saat itu aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan teks berbahasa Jerman-Inggris saja. Nah, saat ini Google Goggles sudah bisa menerjemahkan bahasa Prancis, Italia, Jerman, Spanyol dan beberapa bahasa lain.

Seperti dikutip detikINET dari blog Google, Senin (10/5/2010), kini pihak Google sedang berupaya keras untuk memperluas terjemahan ke dalam bahasa non latin.

"Tujuan kami sebenarnya juga bisa membaca tulisan non-latin seperti China, India dan Arab," tulis blog tersebut. Selain berfungsi sebagai penerjemah, Goggles v1.1 ini pun juga telah ditambahkan fitur seperti barcode, pembaca logo, dan penambahan user interface.


Sumber dari:
detikINET

0 Response to "Google Goggles Siapkan Penerjemah Bahasa Arab"

Posting Komentar

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika