Wireles USB

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994, Universal Serial Bus (USB) menjadi bus primadona yang menyingkirkan para pesaingnya (port serial dan parallel). USB telah menjadi standar de facto dalam Industri PC. Miliaran perangkat telah diciptakan dengan standar ini. Perkembangan teknologi wireless mengantarkan pada tahap evolusi selanjutnya pada bus ini: Wireless USB (WUSB)


  • WUSB menjanjikan perluasan kemudahan penggunaan yang legendaris dari USB tradisional, dengan menambah konsep “plug-and-play” kedalam lingkungan dimana kabel antara PC dan perangkat tidak lagi diperlukan. Teknologi radio baru, Ultra-wideband (UWB), telah menjadi jantung evolusi ini. Metode transmisi data high-bandwidth namun low-power ini memungkinkan koneksi berkecepatan tinggi dan aman yang dibutuhkan, seperti pada USB tradisional.

Pada tahun 2004 platform radio yang dikembangkan oleh WimMedia Alliance ini telah dipilih untuk dijadikan dasar unutk WUSB. Pada Mei 2005 , Wireless USB Promotor Group (yang terdiri dari tujuh perusahaan:

Intel Corporation, HP, LSI Logic, Microsoft Corporation, NEC Corporation, NXP, Semiconductors, dan Samsung Electronics) telah menetapkan spesifikasi inti WUSB (versi 1.0.WUSB dirancang dari nol untuk menjawab tantangan spesifik wireless communication dan personal networking).

WUSB dirancang untuk bekerja optimal pada jarak kurang dari 10 meter dari kom
puter. Secara teori, kecepatan maksimum transfer data WUSB hingga 480 Mbps.
Namun pada kenyataanya, kinerja riil perangkat ini berkisar antara 50-100 Mbps
pada jarak dekat, semakin jauh jarak antara perangkat WUSB dengan komputer,
semakin turun pula kinerjanya. Komputer yang mengintegrasikan dukungan
WUSB dalam sistemnya akan memperoleh kinerja yang lebih (mendekati 200 Mb
ps) ketimbang menggunakan dongle.



0 Response to "Wireles USB"

Posting Komentar

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika