Ubuntu Linux Klaim 12 Juta Pengguna

Berapa banyak pengguna Linux di dunia? Angka pastinya memang sulit untuk didapatkan. Namun Canonical, selaku perusahaan di balik Ubuntu Linux, mengklaim penggunanya sudah mencapai 12 juta.

Hal itu dikemukakan Chris Kenyon, Vice President for OEM di Canonical, seperti dikutip detikINET dari Linux Planet, Kamis (8/4/2010). "Kami tak punya proses registrasi, jadi ini memang perkiraan saja. Tapi, berdasarkan metode yang sama seperti yang kami gunakan di 2008, kami percaya saat ini ada lebih dari 12 juta pengguna Ubuntu di dunia," ujar Kenyon.

Pada 2008, Canonical memperkirakan pengguna Ubuntu ada 8 juta di seluruh dunia. Artinya, selama kurang lebih dua tahun, pertumbuhannya mencapai sekitar 50 persen.

Sebagai perbandingan, Fedora Linux mengklaim jumlah pengguna 24 juta pada Maret 2010. Fedora adalah proyek Linux yang disokong penuh oleh perusahaan Red Hat Linux.

Dalam waktu dekat Canonical akan melemparkan versi terbaru dari Ubuntu, Lucid Lynx (10.04). Lucid akan menjadi versi Ubuntu yang mendapatkan dukungan jangka panjang atau dikenal dengan istilah rilis versi LTS, dari istilah Long-Term Supported.

Rilis Ubuntu LTS sebelum ini adalah Hardy Heron (8.04) yang dikeluarkan pada 2008. Rilis LTS memiliki waktu dukungan hingga tiga tahun untuk desktop dan lima tahun untuk server. Sedangkan rilis non-LTS hanya memiliki masa dukungan 18 bulan. Rencananya Lucid Lynx akan rilis pada 29 April 2010.



Sumber:

detikINET

0 Response to "Ubuntu Linux Klaim 12 Juta Pengguna"

Posting Komentar

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika