Pendapatan HDD dan ODD Mulai Memulih

Pendapatan industri HDD (hard disk drive) dan ODD (optical disk drive) global diperkirakan mulai memulih pada 2010, setelah turun tajam pada 2009 akibat hantaman krisis finansial dunia. Firma riset iSuppli Corp mengungkapkan, pendorong utama pemulihan pasar HDD dan ODD adalah penguatan pasar PC (personal computer).

"Pemulihan ekonomi dunia pada 2010 meningkatkan volume penjualan PC global. Berkat peningkatan volume penjualan PC, volume penjualan HDD dan ODD pun akan meningkat pesat. Alhasil, pendapatan para produsen HDD dan ODD pun turut menanjak," ujar Analyst Storage Systems iSuppli Corp Fang Zhang.

iSuppli menjelaskan, pendapatan HDD global pada 2009 turun 11,7 persen menjadi USD23,4 miliar. Pada saat yang sama, pendapatan ODD global turun 6,3 persen menjadi USD13,7 miliar. Setelah perekonomian membaik dan permintaan PC meningkat pada 2010, iSuppli meyakini pendapatan HDD dan ODD global pun akan terdongkrak naik. Berdasarkan perkiraan iSuppli, pendapatan HDD global pada 2010 akan meningkat 18,4 persen menjadi USD27,7 miliar. Sementara iSuppli menambahkan, pendapatan ODD global akan meningkat 7,6 persen menjadi USD14,8 miliar. iSuppli menilai pasar HDD berkembang lebih dinamis daripada ODD karena konsumen lebih membutuhkan HDD daripada ODD.

iSuppli mengungkapkan, volume penjualan HDD global pada 2010 akan melonjak tinggi karena konsumen tidak hanya membeli HDD internal, yang tertanam dalam PC, tetapi juga HDD eksternal.

iSuppli menjelaskan, volume penjualan HDD eksternal tahun ini akan menanjak karena konsumen membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar. Pembeli utama HDD eksternal, sebut iSuppli, adalah para pengguna netbook. iSuppli memaparkan, para pengguna netbook berlomba membeli HDD eksternal karena HDD internal pada notebook memiliki kapasitas terlalu kecil. Berdasarkan pengamatan iSuppli, netbook generasi pertama yang dipasarkan pada 2008 rata-rata dilengkapi HDD berkapasitas 40 GB. Produsen netbook kemudian meningkatkan kapasitas itu menjadi 80 GB dan 160 GB pada 2009. Namun demikian, iSuppli menegaskan kapasitas itu masih terlalu kecil untuk sebagian konsumen, terutama mereka yang suka menyimpan file musik dan video.

Untuk mendapatkan kapasitas tambahan, konsumen pun harus membeli HDD eksternal. Dengan dukungan HDD eksternal, iSuppli menyebutkan pengguna netbook bisa menikmati kapasitas penyimpanan hingga 1.000 GB, alias 1 TB. Kendati pasar HDD menjanjikan pertumbuhan pesat, iSuppli menegaskan industri tersebut akan tetap dikuasai dua pemain utama pada saat ini, yaitu Seagate Technology LLC sebagai produsen HDD terbesar di dunia dan produsen HDD terbesar kedua di dunia Western Digital (WD) Corp. Karena kedua raksasa HDD itu sama-sama kuat, iSuppli memprediksi persaingan di antara mereka akan menjadi semakin sengit tahun ini.

iSuppli menjelaskan, Seagate masih mendominasi pasar HDD global pada kuartal keempat (Oktober hingga Desember) 2009, dengan pangsa pasar global sekitar 31 persen. Pada periode tersebut, Seagate mampu menjual global sekitar 49,9 juta unit HDD. Sedangkan pada sisi pendapatan, Seagate mampu menuai USD3,03 miliar. Alhasil, Seagate pun menguasai pangsa pendapatan HDD global sebesar 34 persen. Saat itu Seagate mampu meraih pertumbuhan volume penjualan HDD global sebesar 8 persen per kuartal, sedangkan pendapatan Seagate meningkat 14 persen per kuartal. Pada saat yang sama, WD ternyata mampu menjual global sekitar 49,5 juta unit HDD, naik 12 persen per kuartal.

Berkat kinerja kuat tersebut, WD mampu meningkatkan pangsa menjadi 30 persen di pasar HDD global, alias hanya berselisih 1 persen dari Seagate. Pertumbuhan pesat yang diraih WD pun tidak hanya terjadi pada volume penjualan, tetapi juga pendapatan. iSuppli menegaskan, pada kuartal keempat 2009 WD mampu menuai pendapatan USD2,57 miliar, alias naik 19 persen per kuartal. Dengan begitu, WD pun mampu meningkatkan pangsa pendapatan HDD global menjadi 30 persen.
"Banyak pengamat terkejut melihat Seagate mampu mempertahankan dominasi pada kuartal keempat 2009. Sangat disayangkan pula WD belum mampu menumbangkan Seagate, karena pada kuartal keempat 2009 WD mampu meraih kinerja sangat kuat," ujar Fang.

Pada 2009, volume penjualan HDD global turun 2 persen menjadi 549,5 juta unit akibat hantaman krisis ekonomi.Tetapi pada 2010, kondisi perekonomian dunia mulai membaik. Karena itu, iSuppli memperkirakan volume penjualan HDD global pada 2010 akan meningkat dramatis sebesar 22,8 persen menjadi 674,5 juta unit.



Sumber dari:
okezone

0 Response to "Pendapatan HDD dan ODD Mulai Memulih"

Posting Komentar

Followers

Club Cooee
rachmanda by Informatika